Desa Padomasan Jombang Jember

Petani Padomasan Diserang Tikus!

0

Sebagian besar warga desa Padomasan berprofesi sebagai petani,namun banyak warga yang mengeluh karna gagal panen. Kegagalan tersebut di sebabkan oleh banyaknya tikus yang menyerang persawahan warga. Warga mengatakan bahwasanya dalam 1 malam saja ada 30 ekor yg dapat tertangkap namun tetap saja padi rusak dan habis di makan. Banyak nya tikus yang berkeliaran di daerah persawahan di akibatkan adanya piramida makanan yang tidak seimbang di daerah tersebut. Apabila pemangsa tikus seperti Ular, Burung hantu sedikit maka jumlah tikus akan semakin banyak.

Menanggapi hal semacam itu, kami mahasiswa KKN 2014 selalu menggali informasi mengenai cara aman, efisien  dan terbaik dalam penanggulangan hama tikus sehingga kami memutuskan untuk menerapkan metode botol plastik yaitu dengan memanfaatkan limbah botol air mineral.

Penanggulangan Hama Tikus Dilahan Pertanian menggunakan botol plastik pada batang padi sebagai pelindung batang padi. Botol plastik ini didapatkan daerah jember dan sekitarnya serta memanfaatkan limbah botol yang ada. dalam satu petak sawah kami membutuhkan ribuan botol plastik. Namun, kami hanya menerapkan metode botol plastik tersebut pada sebagian petak sawah sehingga dapat dibandingkan antara petak yang menggunakan metode botol dan yang tidak menggunakan. pemantauan dilakukan selama 1 bulan. penggunaan botol plastik sebagai penanggulangan hama cukup efektif  karena tanaman padi yang di beri botol plastik tidak mengalami kerusakan apabilan di bandingkan dengan tidak menggunakan botol plastik. Sehingga kami menganggap bahwasanya program ini berhasil. Namun ternyata, selain hama tikus masih ada hama lain yang mengintai yaitu hama wereng. metode botol plastik yang diterapkan dapat memecahkan masalah hama tikus akan tetapi tidak memberikan solusi pada hama wereng.



0 komentar:

Posting Komentar