Desa Padomasan Jombang Jember

Program English Fun and Easy yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN UNEJ untuk siswa SD di Padomasan

0

Di era globalisasi ini dan semakin dekatnya perdagangan bebas khususnya di kawasan Asia Tenggara kemampuan berbahasa Inggris menjadi sangat penting. Oleh karena, itu penting mengajarkan bahasa Inggris sejak dini. Kegiatan tersebut  mendapatkan respon yang cukup baik. Anak-anak desa cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut mulai awal sampai dengan akhir. Selain itu untuk penyampaian materi yang kami berikan dapat diterima dengan baik oleh para peserta. Hal ini terbukti dengan aktifnya para peserta yang bertanya tentang materi yang disampaikan.

         Faktor lain yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini mendapatkan respon yang cukup baik dan berjalan lancar salah satunya yaitu kesadaran siswa-siswi SDN 01 Padomasan dan SDN 05 Padomasan tentang pentingnya bahasa Inggris untuk kedepannya.


        Diharapkan setelah dilakukannya program kegiatan ini anak-anak Desa Padomasan dapat memahami dan menguasai dasar-dasar bahasa Inggris dan meningkatkan antusiasnya untuk mempelajari bahasa Inggris lebih dalam lagi demi untuk menyongsong era globalisasi.

         Program kegiatan English Fun and Easy di Desa Padomasan dilaksanakan di dua tempat  yaitu SDN 01 Padomasan dan SDN 05 Padomasan yang masing-masing dilakukan dengan 2 metode, yaitu pemberian materi dan game.

         Pada metode pertama yaitu penyampaian materi, kami menjelaskan tentang bahasa Inggris baik huruf, angka, lagu-lagu. Selanjutnya pada metode kedua pemberian reward kepada anak-anak yang aktif mengerti dan aktif bertanya dan menjawab. Walaupun beberapa siswa masih ada yang belum paham, akan tetapi sebagian siswa sudah mampu menangkap dan memahami materi yang sudah diberikan.

     Program ini diharapkan dapat merangsang anak-anak murid sekolah dasar untuk lebih memahami bahasa Inggris dengan cara yang lebih santai dan mudah dipahami. Kebanyakan anak-anak sekolah dasar terutama di desa menganggap pelajaran bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit dipahami sehingga itu membuat murid-murid sekolah dasar cenderung tidak mau mempelajarinya. Padahal di era globalisasi ini, Bahasa Inggris merupakan suatu bekal yang perlu dimiliki setiap orang untuk dapat terjun ke dalam dunia ini. Oleh karena itu mahasiswa KKN kelompok 27 ini melakukan program English Fun and Easy ini agar dapat membuat murid-murid sekolah dasar ini memahami bahasa Inggris dengan mudah sejak dini. 

0 komentar:

Posting Komentar